Senin, 21 Mei 2012

Guntō Katana "Tipe 98"

Spesifikasi
Jenis : Pedang Militer
Negara Asal : Kekaisaran Jepang
Penggunaan : Perwira militer kekaisaran Jepang, 1938-1945.
Ukuran : 60cm atau 2 shaku

Guntō Katana "Tipe 98"
Guntō Katana "Tipe 98" adalah jenis pedang militer yang digunakan oleh tentara kekaisaran Jepang di saat terjadi revolusi di bidang persenjataan dan industri di Jepang. Pedang militer ini mengambil desain dari pendahulunya, yaitu Tipe 94. Perbedaan mendasar dari desainnya yaitu jumlah cincin pengait pada Tipe 94 ada 2 buah sedangkan Tipe 98 ini hanya memiliki 1 buah cincin pengikat atas saran seorang ksatria samurai Jepang. Hal ini memungkinkan Guntō Katana "Tipe 98" mudah di tarik dari sarung pedangnya.

Bahan utama pembuatan Guntō Katana "Tipe 98" selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun selama Perang Dunia II. Ini dikarenakan tahun-tahun terakhir perang, pasukan logam Jepang menjadi tidak menentu. Guntō Katana "Tipe 98" Jepang yang terakhir diproduksi diketahui hanya berbahan tembaga murah dan besi bekas yang sudah menghitam.

Pedang ini merupakan salah satu peralatan Perang Dunia II yang dikategorikan unik dan langka. Hingga kini para kolektor memburu benda-benda Perang Dunia II yang langka seperti ini dan jika sebuah Katana "Tipe 98" terjual, harganya dapat mencapai milyaran.

Referensi
- http://www.swordnarmory.com/WWII-Officer-Handmade-Katana-Sword-Type-98-Gunto-R-p/jd-4720rd.htm  

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons