Selasa, 22 Mei 2012

Mauser Karabin 98k

Spesifikasi
Jenis : Senapan Bolt-Action
Negara Asal : Jerman
Penggunaan : 1935-Sekarang
Pelayanan Perang : Perang Dunia II, Perang Vietnam, Perang Enam Hari, Perang Yom Kippur
Berat : 3,7 kg - 4,1 kg
Panjang : 1.110mm
Ukuran Peluru : 7,92 x 57mm, Kaliber 8mm Mauser
Jarak Efektif : 500-800 m
Amunisi : 5 butir dengan magazen jepit internal


Mauser Karabiner 98 Kurz
Mauser Karabiner 98 Kurz (biasa disingkat Kar98k atau K98k, "Kurz" berarti pendek ) adalah senapan tempur dengan sistem kerja Bolt-Action dan menggunakan peluru besar tipe 7,92 x 57mm yang diadopsi dari senapan awal milik Wehrmacht Mauser Standard Modell  dan Karabiner 98b di tahun 1935. Meski perkembangan senjata otomatis semakin mendominasi dalam pertempuran Perang Dunia II, senjata ini tetap menjadi senjata utama Jerman hingga akhir Perang Dunia II.  Senapan ini memiliki akurasi yang baik dengan jarak efektif 500m tetapi bisa menjadi sebuah teror hingga jarak 800m ditangan sang ahli. Oleh karena itu, senapan ini sering dipasangi bidikan besi. Bayonet dan peluncur granat (granade launcher) juga biasa dipasang di ujung senapan ini.

Varian
Ada beberapa varian yang berhasil dikembangkan selama Perang Dunia II untuk senjata Mauser Karabiner 98 Kurz ini, yaitu:
Kar98k dengan bidikan teleskop
  • Kriegsmodell. Merupakan senjata jenis Kar98k yang dihilangkan fitur-fitur yang tidak perlu, seperti  tancapan /lug bayonet dan ruang pembongkar sistem kerja manual atau biasa disebut stock disc. Singkatnya, varian senjata ini tampak sangat sederhana dan menjadi lebih ringan.
  • Senapan Berteleskop.  Untuk para penembak runduk (sniper), senapan ini dipilih karena sangat akurat ketika dipasangi teleskop saat tes pabrik. Dalam sebuah aksi, diketahui bahwa senjata Kar98k yang dipasangi teleskop dapat mencapai akurasi tembak hingga 1094m. Jenis teleskop yang dipasang adalah zeis zielvier telescopic sight buatan Jerman dan diproduksi dalam perbesaran 4x dan 6x. Pada saat Perang Dunia II, Jerman memproduksi hampir sekitar 132.000 pucuk Kar98k dengan bidikan teleskop.
  • Popor Lipat. Untuk penerjun payung, diproduksi tipe Kar98k popor yang dapat dilipat. Varian ini mulai diproduksi tahun 1941.
  • G40k. Merupakan singkatan dari Gewehr 40k adalah evolusi senapan Kar98k yang diperpendek hingga memiliki panjang 1 m.
Penggunaan Selama Perang Dunia II
Selama Perang Dunia II, senapan Kar98k digunakan oleh seluruh angkatan bersenjata Jerman dan telah menjadi kawan setia Jerman di seluruh front. Uni Soviet pun sempat memakai Kar98k selama hampir 2 tahun Perang Dunia II karena kekurangan senjata infanteri. Unit tentara merah pada saat itu mengakui keakuratan dan keefisiensian senjata ini.

Penggunaan Setelah Perang Dunia II
Pada era Perang Dunia II, Uni Soviet menyimpan dan memodifikasi senjata-senjata Kar98k hasil rampasan perang untuk mengantisipasi kemungkinan perang melawan barat. Pada masa-masa pergerakan komunis di seluruh dunia, senjata-senjata ini diberikan Uni Soviet secara gratis kepada gerakan-gerakan yang mendukung komunisme dan Marxisme. Israel juga menggunakan senjata ini, terlebih ketika perang enam hari. Seperti biasanya, Israel mengganti logo NAZI Jerman dengan lambang bintang Daud.     

Referensi
- http://id.wikipedia.org/wiki/Karabiner_98k
- http://en.wikipedia.org/wiki/Karabiner_98k 

1 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons