Rabu, 23 Mei 2012

Luger P08

Spesifikasi
Jenis : Pistol Semi-Otomatis
Negara Asal : Kekaisaran Jerman
Tahun Produksi : 1900-1945
Penggunaan : Seluruh Angkatan Bersenjata Jerman (Deutsche Waffen), 1904-1945
Pelayanan Perang : Perang Dunia I, Perang Sipil Spanyol, Perang Dunia II, Perang Shino-Jepang Ke-2, Perang Sipil China, dll.
Berat : 871 gram
Panjang : 222 mm
Varian Peluru : 7,65 x 21mm Parabellum, 9 x 19 mm Parabellum dan .45 ACP
Amunisi : 8 butir tiap magazen panjang, 32 butir tiap magazen bundar.


Luger P08

Luger P08, sebuah pistol semi-otomatis biasa dikenal dengan sebutan Pistole Parabellum 1908, Pistole 08, P08 atau "Luger". Pistol ini merupakan pistol hasil rancangan Georg J. Luger (1849-1923) pada tahun 1898 dan diproduksi oleh sebuah pabrik senjata Jerman bernama Deutsche Waffen und Munitionfabriken (DWM) pada tahun 1900an. Saat tahun-tahun terakhir Perang Dunia II, tugas pistol Luger P08 ini kebanyakan digantikan oleh pistol Walther P38.

Pistol Luger P08 pertama kali dikenal karena penggunaannya oleh tentara Jerman pada Perang Dunia I. Pada saat itu, pistol Luger yang digunakan merupakan varian pertama dengan ukuran peluru cukup besar untuk sebuah pistol di jamannya, 7,56 x 21 mm tipe parabellum. nama parabellum sendiri berarti "siap perang" (ready for battle) diambil dari istilah bahasa Latin : Si vis pacem, parabellum (Jika ingin damai, harus siap perang).

Desain
Luger P08 memiliki desain yang menarik dan unik. Bentuk pegangan dengan sudut 145° mendapat pujian dari William Bill Ruger, seorang ahli desain persenjataan Amerika serikat sebagai inovasi dalam kenyamanan desain pistol. Bahkan, seusai Perang Dunia I dan II. Tentara sekutu yang akan pulang ke negara masing-masing selalu mencari cinderamata untuk dibawa pulang dan sering kali tentara sekutu membawa pulang pistol Luger P08 sebagai cinderamata karena bentuknya yang unik dan elegan.

Penggunaan
Magazen bundar 32 butir peluru
Dalam peranannyadi kancah peperangan, penggunaan pistol Luger sendiri dimulai dikalangan tentara Jerman sekitar awal tahun 1904. Reichmarine atau Angkatan Laut Jerman menggunakannya ditahun 1904 dengan desain peluru 50mm yang memungkinkan menembak dengan jarak 100 m, dua kali lipat dari jarak Luger biasanya, yaitu 50 m saja.

Di tahun 1908, Angkatan Darat Jerman menggunakan pistol Luger untuk menggantikan pistol Reichrevolver yang sudah kuno. Pistol yang digunakan ini memiliki kaliber 9 x 19mm parabellum dan panjang laras 100mm. Pistol inilah nantinya yang digunankan tentara NAZI Jerman dan sekutu-sekutu blok Poros-nya dalam Perang Dunia II. Pistol ini dinamakan P08 (angka 08 diambil dari tahun penggunaan pertamanya, 1908). Tipe lainnya dengan magazen bundar yang dikhususkan untuk pertahanan diri (self defensif) tentara artileri Jerman.

Dalam Perang Dunia II. Kekuatan pistol standar blok Poros Eropa tahun 1939-1942 adalah pistol Luger P08 ini. Tetapi tahun-tahun terakhir perang, pistol ini digantikan fungsinya oleh Walther P38.

Dikabarkan, setelah berakhirnya kekuatan NAZI Jerman pasca Perang Dunia II. Pistol ini menyebar luas keseluruh penjuru dunia. Dalam konflik perang Vietnam, tentara Vietcong (pemberontak Vietnam) diketahui menggunakan pistol jenis ini yang diduga sisa-sisa peninggalan Perang Dunia II.

Referensi
- Imperial Lugers oleh Jan C. Still (1994)
- http://en.wikipedia.org/wiki/Luger_P08_pistol     

1 komentar:

  1. Saya tidak begitu mengerti tentang pistol. Tahunya cuman pada saat main Countre Strike saja.

    Terima kasih atas informasi detail tentang pistol ini sob :)

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons